Menstruasi merupakan rutinitas yang harus dilewati perempuan setiap bulannya. Walaupun begitu tetap saja drama menstruasi dirasakan oleh perempuan. 

Merasakan pengalaman menstruasi yang menyakitkan dan tidak nyaman akan mudah mengundang stres, cemas bahkan sampai depresi yang sering dialami oleh pengidap Premenstrual Dysphoric Disorder (PMDD).

Dengan bercerita dapat mengurangi  stres. Tapi kita sebagai perempuan mungkin akan merasa canggung cerita menstruasi karena ada anggapan kalau bahas haid itu tabu. 

Padahal dengan kita berbagi  cerita menstruasi ke teman perempuan lainnya dapat menjadi lahan untuk saling memotivasi, mencari solusi atas gangguan mens bahkan bisa mengurangi beban dalam diri. 

Kebetulan di awal 2023 Missy membuka event #MissyCerita di Instagram dengan tujuan untuk menjadi teman cerita yang merangkul dan saling menguatkan dalam menjalani hari-hari menstruasi yang berat ini. 

Cerita menstruasi  kali ini mengenai perjuangan perempuan dalam menghadapi kecemasan berlebihan selama menstruasi. Ternyata banyak hal yang mereka cemaskan yang kadang menghambat aktivitas dan tidur malam. 

Semoga cerita menstruasi dari #TemanDekatMissy bisa menguatkan diri kamu ya sis!. 

 

Cemas Karena Bocor 

 

Cerita menstruasi yang sering dikeluhkan sama #TemanDekatMissy tidak terlepas dari kecemasan bocor tiba-tiba saat haid lagi deras-derasnya. 

Pengalaman menstruasi bocor saat berkativitas pernah dialami oleh kak Manly, sampai membuatnya menjadi tidak percaya diri dalam melakukan rutinitas sehari-hari. Begini cerita menstruasi kak Manly, “Setiap datang bulan tuh aku sering worry karena  selalu tembus tepat di hari pertama sampai membuat malu dan enggak percaya diri.”

Cerita menstruasi kak Manly ini pasti relate sama kehidupan kita sebagai perempuan. Enggak mau membayangkan deh kalau lagi asyik meeting atau persentasi eh malah bocor. Malunya bisa membuat trauma untuk ketemu banyak orang. Memang bocor diluar kendali kita yang bisa dilakukan adalah pencegahan dini. Jangan sampai jadi insecure, anti sosial gara-gara tembus saat mens ya sis!. 

Selain itu cerita menstruasi cemas karena bocor juga dialami oleh kak Gabriel, cuma bedanya dia mengalami saat istirahat malam. Begini pengalaman menstruasinya, “Saat mens, aku sering cemas hanya karena jumlah darah menstruasiku banyak banget, jadi tiap tidur tuh mens aku selalu tembus ke belakang. Jadi khawatir tiap mau tidur.” 

Bocor mens saat tidur memang tidak membuat malu. Cuma kadang membuat lebih capek karena harus mencuci sprei selama 5-7 hari berturut-turut. Belum lagi kalau enggak bisa tidur padahal badan terasa capek, alhasil  keesokan harinya malah ketiduran dan enggak fokus. Kamu pernah mengalaminya sis?.

Dari cerita menstruasi dari kak Manly yang tembus saat beraktivitas mendorongnya untuk lebih cermat  memilih pembalut day use. Pembalut pilihannya itu Missy Day yang panjangnya 24,5 cm, cocok dibuat aktif bergerak. 

Selama memakai Missy Day, ia merasakan selalu kering, jarang bocor. Dalam pembalut Missy didesain khusus dengan SAP (Super Absorbent Polymer) yang menampung cairan 5 kali lebih banyak dan penyerapan 5 kali lebih cepat dalam sedetik saja. 

Sedangkan cerita menstruasi dari kak Gabriel yang sering bocor saat tidur mendorongnya untuk memilih pembalut night use dari Missy Night dengan panjang sampai belakang 29 cm. Gara-gara pakai pembalut Missy, kak Gabriel tidak lagi overthinking soal bocor dan merasakan nyaman tidur sepanjang malam tanpa drama tembus. 

 

Cemas Karena Nyeri

 

Cerita tentang menstruasi yang mengundang kecemasan berlebihan berikutnya terjadi ketika nyeri haid. 

Salah satu #TemanDekatMissy kak Dekka  berbagi cerita menstruasi di Instagram Missy. Ketika haid dia suka worry di saat hari pertama sampai ketiga dimana aliran darah menstruasi sangat banyak  disertai muncu rasa kram perut dan pinggul sehingga membuatnya  enggak nyaman sama sekali.

Mungkin kalau bocor bisa langsung dikasih pembalut karena bisa  menyerap. Nah kalau nyeri haid, meskipun sudah dikasih obat nyeri mens tetap aja masih sakit. Terus bagaimana supaya nyeri haid yang sakit tak mengganggu kefokusan dalam beraktivitas?. 

Kalau dari cerita menstruasi kak Dekka, dia menemukan solusi tepat dalam mengatasi nyeri haid dengan satu cara yang paling mudah tanpa perlu beli obat nyeri haid. “First time kenal pembalut Missy agak kaget awalnya karena pembalut ini mengandung mint ekstrak. Kalau dipakai bisa meredakan nyeri mens bahkan mengharumkan Miss V yang rawan bau. Missy ini aman halal. Jadi enggak takut  deh pakai pembalut new brand.” 

Cerita menstruasi nyeri haid dan perut kembung  juga dialami oleh kak Ion. Setiap kali mens selalu merasakan nyeri perut bawah yang disertai  dengan mood yang naik turun, kepala pusing serta volume darah mens terlalu banyak. Gejala itu yang membuat kak Ion tidak bergairah dalam melakukan rutinitas sehari-hari, lebih suka rebahan. 

Dari pengalaman menstruasi itu Kak Ion memutuskan menggunakan  pembalut day use Missy yang menurutnya “Semenjak bersama Missy rasanya menstruasiku menjadi lebih nyaman, no worry bau tak sedap dan terhempaskan dari permasalahan red days.”

 

Cemas Karena Bau Tak Sedap

 

Keluhan menstruasi yang dialami perempuan tidak hanya berhenti pada masalah bocor dan nyeri haid saja. Hal yang sering dikeluhkan yaitu muncul bau tak sedap yang murni dari bau darah atau dampak menggunakan pembalut terlalu lama. 

Hal itu pun juga dirasakan oleh kak Malea. Berdasarkan cerita menstruasi yang dia bagikan di IG Missy, saat ia sedang aktif melakukan rutinitas yang bersamaan dengan jadwal menstruasinya malah membuatnya cemas. Biasanya dia dituntut aktif tapi dia merasa insecure karena pembalut yang dipakai terasa mengganjal dan muncul aroma tak sedap di Miss V. 

Kalau membahas soal aroma, hal yang sangat sensitif. Apalagi kalau aroma itu muncul ketika bertemu banyak orang dan ditambah ada yang ketahuan mencium bau itu. Rasa malu nggak bisa ditutupi lagi,  seperti malunya ketika mengalami kebocoran. 

Dari cerita tentang haid yang dialami kak Malea karena penggunaan pembalut. Hal itu memicu kak Malea lebih cermat menyeleksi pembalut yang bisa mengatasi masalah bau tak sedap. Baginya, “Sepanjang menstruasi bersama  Missy Day  rasanya menstruasi nyaman dan bebas bebas bergerak karena Missy super slim tapi daya serapnya tinggi. Mengandung mint extract yang menyegarkan dan atasi aroma tak sedap. Permukaannya juga lembut. 3D premium non woven nya menjaga permukaan tetap kering. Bye-bye worry deh pokoknya!.” 

 

Cemas Karena Gatal-Gatal, Iritasi

 

Cerita tentang menstruasi yang terakhir ini dari kak Anggi. Dia mempunyai pengalaman menstruasi pertama kali saat kelas 1 SMP. Kejadiannya sepulang sekolah dan memasuki WC, tiba-tiba muncul bercak merah. Beruntungnya dia langsung dibantu sama bundanya menggunakan pembalut. 

Selama dia pakai pembalut setiap menstruasi, dia sering mengalami gatal-gatal dan iritasi hinggga membuat kulit di sekitar Miss V menjadi sensitif. Hal itu bisa terjadi lantaran dia terus-menerus mengalami kebocoran meskipun sudah pakai pembalut. 

Kak Anggi merasakan pengalaman menstruasi yang buruk itu membuatnya suka berganti-ganti pembalut. Tapi semenjak menemukan pembalut yang tepat, dia tidak mengalami masalah menstruasi lagi.

Begini cerita menstruasi kak Anggi ketika menemukan pembalut yang tepat. “Awal melihat Missy dari packagingnya menganggap itu chiki, ketika dibuka ternyata pembalut. Awal memilihnya ada rasa was-was karena ini produk baru. Tapi ketika melihat ada label Halal, langsung gas beli.  Pas dipakai makin terkejut karena ada rasa dingin banget, lama-kelamaan dirasakan semakin nyaman. Dan merasa senang juga akhirnya nggak khawatir bocor saat jam kuliah. Sekarang Anggi pakai Missy terus dan nggak mau ganti lagi.” 

Dari cerita menstruasi dari #TemanDekatMissy  diatas dapat disimpulkan bahwa perempuan mengalami berbagai masalah haid mulai dari gatal, iritasi, bau tak sedap sampai bocor dipengaruhi oleh penggunaan pembalut. 

Dari cerita tentang haid, menemukan pembalut yang cocok itu juga susah sama seperti menemukan dambaan hati. Kadang nyaman tapi sering bocor. Kadang jarang  bocor tapi terasa mengganjal dan muncul gatal, iritasi. 

Dari cerita tentang menstruasi #TemanDekatMissy diatas memberikan kode bahwa jangan pernah menyerah menemukan pembalut yang tepat. Karena sejatinya ketika sudah menemukan   pembalut yang tepat maka area kewanitaan semakin sehat. 

Pembalut pilihan teman-teman di atas bisa menjadi alternatif solusi kamu dalam mengatasi berbagai permasalahan selama menstruasi. Mungkin banyak pilihan pembalut dipasaran  tapi kalau pembalut #TipisAdemAntiBocorBeranion  yang kaya  manfaat kesehatannya patut menjadi list pembalut yang menemani hari-hari menstruasi menjadi feel free no worry

 Salam sehat untukmu sis!.