Pernahkah kamu mencium bau darah haid?.

Pasti kamu bertanya-tanya kenapa darah menstruasi bau?. Dan mungkin kamu juga merasa cemas apakah bau darah menstruasi merupakan tanda  bahaya?.

Pada dasarnya seperti darah manusia, darah menstruasi bisa memunculkan bau. Tapi ada sebagian cewek merasa terganggu dan tidak percaya diri kalau mengalami bau darah menstruasi.

Hal itu terkadang mendorong mereka melakukan segala cara agar tidak bau, namun tanpa mereka sadari ada beberapa cara menghilangkan bau darah haid yang dapat mengganggu kesehatan Miss V.

Supaya tidak salah langkah, yuks kenali lebih dekat  6  jenis bau darah menstruasi yang memiliki arti kesehatan masing-masing dalam pembahasan artikel di bawah ini ya Teman Dekat Missy!.

 

Bau Darah Mens yang Normal 

Bau darah

Ilustrasi bau darah normal seperti bau uang logam

 

Kenapa darah menstruasi bau?. Hal itu dipengaruhi lantaran cairan darah menstruasi mengandung percampuran antara darah, sel telur yang tidak berhasil dibuahi serta jaringan rahim. Selain itu juga dipengaruhi oleh kondisi PH Miss V dan adanya kehadiran bakteri sehat disana.

Dua faktor tersebut bisa memunculkan dua bau darah mens yang normal meliputi:

  1. Darah menstruasi bau besi/logam: Dalam darah menstruasi mengandung zat besi yang bisa menghasilkan bau darah haid seperti besi/logam. Bau ini akan menghilang sendiri ketika jadwal menstruasi berakhir.
  2. Darah menstruasi bau manis: Dilansir dari liputan6.com berdasarkan laporan dari Womens’ Medical Associates of Nashville bahwa ketika darah menstruasi berinteraksi dengan bakteri dan PH Miss V yang asam  akan memunculkan aroma manis, hal itu merupakan proses yang alami. 

 

Bau Darah Haid Tidak Normal 

Bau darah

Ilustrasi bau amis darah mens tidak wajar

 

Selain bau darah mens yang normal, ada beberapa bau aneh menyengat yang terjadi saat menstruasi. Hal itu bisa terjadi  lantaran kondisi PH  Miss V tidak normal/PH lebih dari 5-7 yang memicu ketidakseimbangan bakteri jahat dan baik sehingga bisa menimbulkan infeksi dengan gejala mengeluarkan bau darah haid tidak normal.

Lantas bau darah haid seperti apa  yang menandakan gangguan kesehatan pada Miss V, berikut ada empat jenis bau darah haid yang tidak wajar:

  1. Bau darah haid seperti bangkai: Bau busuk menyengat  itu menandakan adanya bakteri jahat dalam Miss V yang disebabkan menggunakan pembalut terlalu lama (lebih 4 jam) atau tidak menggantinya sama sekali. Selain itu bau busuk juga muncul ketika volume darah menstruasi keluar sangat banyak yang bisa terjadi saat hari pertama/kedua menstruasi.
  2. Darah menstruasi bau amis: Ketika terjadi banjir darah menstruasi dapat mengubah PH Miss V menjadi sangat asam/basa sehingga bakteri tumbuh tidak seimbang sehingga bisa memicu vaginosis bakteri yang gejala berupa muncul  bau amis disertai iritasi, gatal terasa terbakar saat pipis.
  3. Darah menstruasi bau badan: Saat menstruasi yang sering merasakan stres, cemas, gelisah bisa mendorong kelenjar keringat apokrin di area kewanitaan memproduksi keringat. Hasil keringat itu merupakan percampuran antara bakteri dalam Miss V dan darah menstruasi sehingga timbul bau darah haid yang menyerupai berbau badan.
  4. Darah menstruasi bau bawang merah: Ketika tidak pernah membersihkan Miss V dan membiarkan kondisi Miss V lembab saat menstruasi dapat memicu bau bawang merah.

 

Saat Kapan Memeriksa ke Dokter? 

 

Ketika kamu mencium bau darah mens yang normal, tidak perlu khawatir karena bisa hilang dengan sendirinya. Tapi kalau kamu mulai mencium bau darah haid menyengat yang menganggu aktivitasmu seperti penjelasan diatas, patut untuk diwaspadai. Apalagi jika disertai gejala berikut ini:

  1. Mengalami aliran darah menstruasi lebih banyak daripada menstruasi biasanya
  2. Merasakan nyeri di area perut atau panggul
  3. Demam
  4. Setelah menstruasi mengeluarkan keputihan berwarna kuning atau hijau

Jika mengalami gejala diatas, maka hal terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter agar bisa dicegah sedari dini.

 

Bagaimana Mencegah Bau Darah Haid? 

Bau darah

Ilustrasi mengatasi agar tidak muncul bau tak sedap saat mens

 

Dari ciri-ciri bau darah menstruasi dapat terlihat bahwa lifestyle yang kurang menyadari kebersihan menstruasi bisa memicu timbul bau aneh dan menyengat selama menstruasi.

Gaya hidup yang bisa memicu timbulnya bau darah haid tidak normal seperti mager ganti pembalut apalagi di saat darah menstruasi sedang deras-derasnya, tidak pernah membersihkan Miss V, jarang mandi, menggunakan celana dalam yang lembap.

Jika kebiasaan buruk itu dibiarkan terus-menerus, jangan kaget kalau PH Miss V tidak seimbang yang membuat bakteri jahat lebih banyak berkembang sehingga bisa memunculkan infeksi bakteri, kuman, virus bahkan bisa memicu munculnya penyakit kewanitaan yang berbahaya.

So saatnya move on untuk hidup lebih sehat dan bersih sepanjang menstruasi dengan memulai kebiasaan baik yang sederhana ini untuk mencegah bau darah haid:

  • Rajin mandi, minimal 3 kali sehari
  • Rutin mengganti celana dalam jika merasakan lembap saat menstruasi
  • Rajin mengganti pembalut jika sudah penuh darah menstruasi atau setiap 3-4 jam sekali
  • Menggunakan pembalut aman dari bahan kimia berbahaya seperti klorin dan dioksin supaya tidak menimbulkan infeksi berbahaya
  • Membatasi penggunaan tisu atau pewangi Miss V yang ada kandungan parfum karena dapat memperparah infeksi dan alergi
  • Memakai celana dalam katun untuk mencegah kelembaban supaya bakteri tidak berkembang biak dalam Miss V

Selain cara diatas ternyata ada cara yang sudah dibuktikan oleh  #TemanDekatMissy, Missy Anti Bau Menstruasi untuk mengatasi bau darah haid amis, busuk, bau badan dan bawang merah. Cara ini mudah kamu lakukan, yuks simak cerita mereka:

Kak @okkytiffany, “Pakai Missy, anti bau dan semriwing, yang lain ga ada kasih kayak gini😍😍😍.”

Kak @riri_budiman, “Bener banget😍 bebas bau apek dan bebas lembab…pokoknya @missy.id memang rekomended bagi yang cari pembalut.”

Kak @devikafeby,”Pake Missy gak takut bau anyir lagi😍, jadi ngerasa kayak gak lagi period.”

 

Kok bisa Pembalut Missy dapat membantu mengatasi bau darah haid yang tidak normal? Karena di dalam Missy ada kandungan ekstrak mint yang kalau dipakai memberikan kesejukan dan pastinya mampu menghilangkan  bau menstruasi yang mengganggu.

Tidak hanya menghilangkan bau darah haid saja melainkan juga mengatasi penyebab darah menstruasi bau sampai ke akar-akarnya. Karena di dalam Pembalut Mint Missy juga mengandung ion silver yang memiliki kemampuan membasmi virus, bakteri dan kuman jahat penyebab bau darah haid sehingga kamu akan #BebasInfeksiSepanjangHari.

Sudah saatnya nih kamu lebih aware menjaga kebersihan Miss V selama menstruasi agar tercegah dari bau darah haid seperti bangkai, amis, bau badan, bawang merah. Jadi mau beraktivitas apapun akan semakin percaya diri karena enggak ada lagi bau yang mengganggu sis.