Mood datang bulan apa yang sering kamu alami #TemanDekatMissy?.

Sudah tahu belum kalau naik turunnya hormon estrogen bisa memicu perubahan mood sehingga dapat mempengaruhi perubahan sifat wanita saat haid lho!.

Makanya enggak heran kalau tadinya sehari-hari kelihatan ceria, eh pas menstruasi tiba-tiba melow, galau maksimal hehe. Kamu mengalami juga kah?.

Yang perlu kamu ketahui  kalau saat menstruasi kadar hormon estrogen rendah. Rendahnya estrogen bisa membuat kadar serotonin rendah. 

Padahal serotonin bertugas mengolah emosi, pola tidur dan gairah makan. Kalau kadarnya rendah maka bisa membuat mood swings, masalah tidur dan menaikkan selera makan. Hal itulah juga memicu perubahan sifat wanita saat haid.

Missy sudah merangkum khusus buat kamu sis 6 Sifat wanita saat haid. Kamu termasuk bagian Miss mana nih?. Simak sampai akhir ya!. 

 

          1. Miss Kuliner

Mood haid

Ilustrasi cewek ketika menstruasi doyan makan

 

Sudah semangat menggebu-gebu buat mulai diet, eh mood menstruasi datang menerpa. Bubar jalan dah hehe. 

Salah satu perubahan mood saat haid yang sebenarnya mengenakan tapi sering membuat cewek ketar-ketir sama timbangan, ya apalagi kalau bukan DM “Doyan Makan”. 

Kalau sudah begitu terbentuklah sifat wanita saat haid si Miss Kuliner yang suka banget jajan dan ngemil terutama makanan gurih, pedes gitu. 

Seperti yang dialami sama #TemanDekatMissy. Beberapa waktu lalu, Missy survei kecil-kecilan di IG story @missy.id. yang menanyakan ke #TemanDekatMissy, “Mana nih yang membuatmu nyaman ketika mens? Cap cay atau seblak”. Dan 60% pada pilih seblak.

Sebenarnya kenapa mood datang bulan bikin cewek doyan kulineran?.

Perubahan mood saat haid disebabkan karena adanya peningkatan kortisol supaya bisa membantu tubuh dalam menyiapkan diri menghadapi efek menstruasi. Akibat kenaikan kortisol akan membuat nafsu makan bergairah khususnya pada makanan manis. 

Selain itu perubahan sifat wanita saat haid menjadi Miss kuliner juga disebabkan karena rendahnya serotonin (hormon bahagia) sehingga mendorong kita untuk makan karbohidrat supaya serotonin naik. 

Jadi dengan makan merupakan salah satu cara untuk memperbaiki mood cewek yang sekaligus mengubah sementara sifat wanita ketika datang bulan

Tenang  perubahan sifat wanita saat haid yang menjadikanmu menjadi Miss Kuliner enggak akan mengganggu rencana diet kamu lho karena kamu bisa mengkonsumsi makanan yang bisa mengerem nafsu makan berlebih seperti ayam, bayam dan buah semangka. Selamat mencoba bestie!. 

 

  1.     Miss  Overthinking (foto model ariele JVM_2723)
Mood Haid

Ilustrasi cewek suka overthingking ketika haid

 

Sifat wanita saat haid yang berubah yaitu suka overthinking padahal apa yang dipikirkan dan dicemaskan belum kejadian. Apa kamu pernah mengalaminya juga bestie?. 

Hal yang sering kali jadi bahan overthinking yang memicu perubahan mood saat haid antara lain: 

  1. Panik, “Gimana kalau nanti banyak gerak bikin bocor?”.
  2. Cemas, “Waduh, nyeri banget nih kayaknya bakalan telat mengumpulkan tugas!.”
  3. Resah, “Kenapa sih teman-teman pada menjauh semua kalau dekat sama aku, apa aku bau menstruasi ya?.”
  4. Useless, “Payah nih aku, hal kecil saja aku enggak bisa.”

Capek juga  jadi Miss Overthinking saat menstruasi apalagi harus menghadapi gejala menstruasi yang bikin lelah. Dobel capeknya ya bestie

Biar kamu enggak berpikiran berlebihan, coba deh lakukan TOMPEL biar pikiran makin tenang dan menjalani menstruasi enggak tegang. Apa itu?:

Tidur cukup

Olahraga selama 30 menit. Yang ringan aja seperti jalan kaki, sepeda, lari, menyapu, mengepel, menyuci

Makan buah segar dan minum air putih 2-3 gelas setiap hari

PEmbalut anti bocor, cegah bau dan pereda nyeri seperti Missy 

Lepaskan stres dengan mindfulness 

Selamat mempraktekannya ya bestie!. 

 

  1.   Miss Cranky
Mood haid

Ekspresi cewek kalau lagi marah ketika haid

 

Perubahan perilaku cewek menstruasi yang paling populer adalah sering marah-marah, betul apa betul nih bestie?. 

Tanpa  kamu sadari perubahan sifat wanita saat haid menjadi Miss Cranky yang suka marah-marah tidak muncul begitu saja lho. Hal ini terjadi karena cewek saat menstruasi daya imun menurun karena luruhnya dinding rahim yang disertai dengan pusing, nyeri perut dan panggul  yang tak tertahankan.

Selain itu mood datang bulan Miss cranky juga dipengaruhi oleh faktor luar seperti cuaca panas yang bisa membuat semakin uring-uringan; stres/tekanan dari permasalahan pekerjaan atau pasangan; bahkan sampai masalah gatal, iritasi, bau menstruasi dan lembab saat menggunakan pembalut juga bisa membuat cranky

Sudah fisik capek, jiwa lelah yang membuat sebagian Miss cranky melampiaskan mood menstruasi dengan mengumpat jika ada yang menyinggung fisik atau perasaan; ada juga yang tiba-tiba menjadi super bawel yang mengeluh atau curhat tentang penderitaan yang dirasakannya. 

Semua  respon itu merupakan perubahan sifat wanita saat haid  Miss Cranky untuk bisa mengurangi rasa tidak nyaman selama menstruasi dan berharap orang disekitarnya bisa memahami deritanya supaya tidak mengganggunya sementara waktu atau setidaknya memberikan perhatian yang menyenangkan.

Tapi kalau kamu merasa menjadi Miss Cranky malah membuat orang lain tersakiti. Ada beberapa tips untuk meredam amarah kamu ketika haid menerpa, seperti:

  1. Menyadari diri  kalau sedang marah. 
  2. Coba untuk diam sebentar dan menarik napas panjang supaya memberikan ruang tenang untuk pikiran dan emosi kamu. Atau bisa pergi ke ruangan yang sepi atau fresh.
  3. Perlahan-lahan pikirkan kembali apa yang membuat kamu marah dan mengapa
  4. Kalau sudah tahu jawabannya, kamu bisa memutuskan untuk mendekat atau menjauh terhadap penyebab yang membuatmu marah. Atau kamu bisa menceritakan masalah yang kamu alami kepada orang yang kamu percaya untuk mengurangi beban pikiran kamu
  5. Kamu juga bisa mengatasi mood datang bulan seperti marah-marah dengan mengkonsumsi kalsium yang dipercaya  bisa membantu mengurangi amarah seperti yang terkandung di dalam susu, keju, yoghurt, sayuran hijau atau jeruk 
  6. Dan kamu bisa melakukan hobi yang membuatmu rileks seperti menulis jurnal, mendengarkan musik, maraton film atau apa saja. 

Bagi kamu yang suka cranky gara-gara pakai pembalut malah gatal, lembap, iritasi dan nyeri. Coba deh pakai  pembalut yang terasa sejuk karena ada  mint ekstrak  dan anion yang bisa membantumu terbebas dari gatal, iritasi, lembap dan meredakan nyeri sehingga membuat  tubuh bugar serta emosi cooling down. Temukan manfaatnya dalam Pembalut kesehatan Missy.

 

  1.   Sad Girls
Mood haid

Ekspresi sedih cewek ketika menstruasi

 

Berbeda jauh  dengan sifat wanita saat haid Miss Cranky yang melampiaskan stres dengan marah-marah, tapi Sad Girls melampiaskan tekanan haid dengan galau, melow bahkan menangis. 

Sebenarnya kamu tidak sendirian bestie, banyak perempuan yang mengalami kesedihan sepanjang menstruasi. Apalagi kalau didukung dengan cuaca dingin yang membuat diri terasa kesepian, ditambah adanya kekecewaan sama pekerjaan atau pasangan, dan ditemani dengan lagu sendu sehingga air matapun tak mampu terbendung. 

Mood menstruasi sedih juga dipengaruhi oleh gaya hidup yang buruk lho. Kalau selama haid cuma tidur beberapa jam saja atau sering begadang akan mudah mengundang tangisan. 

Bagi kamu yang suka makan makanan manis, tanpa kamu sadari kandungan gula yang berlebih bisa bisa memicu rasa depresi. Dan konsumsi alkohol juga bisa memicu kesedihan mendalam. So bisa nih dibatasi mulai sekarang. 

Bagi kamu yang mengalami perubahan sifat wanita saat haid sebagai Sad Girls, enggak apa-apa kok menangis karena dengan dengan mengeluarkan air mata bisa meningkatkan hormon endorfin/pereda stres. Namun jangan sampai berlarut-larut ya bestie, nanti muncul mata panda gara-gara banyak nangis lho hehe

Tapi kalau kamu merasa sedih, sebenarnya dengan berkumpul dan berbagi cerita kepada orang tersayang bisa mengurangi rasa sedih itu.

Kalau kamu  sudah berusaha mengatasi rasa sedih dengan berbagai cara, tapi masih sedih berlarut-larut sampai terjadi diluar jadwal menstruasi. Tak perlu ragu untuk berkonsultasi dengan psikologi atau psikiater supaya kamu bisa produktif kembali. 

Kamu tak sendiri bestie, Missy bersamamu, peluk jauh…

 

  1.   Putri tidur
Mood haid

Ilustrasi cewek kalau haid pengennya jadi putri tidur

 

            Putri tidur yang satu ini bukanlah dongeng indah melainkan perubahan sifat wanita saat haid yang lebih sering mengantuk di siang atau malam hari. Hayo siapa yang kayak begini? Missy pernah sih hehe.

Pernah enggak sih terlintas, kenapa  kok tiba-tiba cewek jadi putri tidur selama menstruasi?. 

Sebenarnya sifat wanita ketika datang bulan yang sering mengantuk di tengah kesibukan siang hari dipicu lantaran tubuh mengeluarkan banyak sel darah merah  sehingga stok darah dalam tubuh berkurang. 

Padahal sel darah merah bertugas untuk mentransfer oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh termasuk otak. Jika sel darah merah berkurang maka membuat tubuh bisa kekurangan nutrisi yang membuat semakin lemah, otak agak sedikit lemot dan rasa kantuk tak bisa dihindari.  

Kalau kamu merasa terganggu sama mood menstruasi Putri Tidur saat sedang lagi banyak-banyaknya tugas atau deadline di siang hari, kamu bisa melakukan beberapa hal ini untuk terhindar dari rasa kantuk berlebihan: 

  1. Batasi kopi karena bisa menimbulkan kembung dan memperburuk nyeri perut 
  2. Bisa mengganti minuman atau makanan berkafein dengan konsumsi zat besi seperti sayuran hijau, daging merah, buah kering, kacang-kacangan dan susu
  3.  Olahraga yang kamu sukai. Karena dengan olahraga terjadi pembakaran yang dapat menaikan energi. Ketika selesai olahraga maka tubuh terasa capek dan ingin tidur lebih awal sehingga bisa membuat tubuh bugar keesokan harinya dan mencegah kantuk juga. 
  4. Rajin minum air putih, kebiasaan baik itu bisa memperkaya suplai oksigen sehingga membuat tubuh mendapat energi/tidak mudah capek dan otak bisa semakin konsentrasi

Nah bagi kamu yang menjadi putri tidur di malam hari, jangan sampai terbangun tiba-tiba karena bocor mendadak dan merasakan lembap yang membuat tak nyaman. Kamu bisa menggunakan Pembalut Missy Super Night yang  panjangnya  sampai belakang, dijamin tidur makin tenang. 

 

  1.     Miss aktif
Mood haid

Ekspresi kerja happy walau lagi mens

 

Ketika mood swing saat haid membuat kewalahan saat kerja atau kuliah mulai dari pusing, sulit fokus, bawaannya bete mulu, nyeri perut dan bocor. Yang membuat kebanyakan cewek pasrah sama keadaan, memilih untuk pasif sementara waktu sampai kondisi pulih. 

Sebenarnya tak masalah berdiam diri dulu, tapi ada beberapa mindset cewek kalau memilih mager saat menstruasi karena untuk menghindari bocor. Padahal faktanya, kalau cewek kebanyakan mager bisa memperparah nyeri haid dan membuat menstruasi tidak lancar. 

Di sisi  lain ada beberapa perempuan yang mengalami perubahan sifat wanita saat haid menjadi sosok Miss aktif yang berusaha untuk menaklukan gejala menstruasi yang menerjang sehingga bebas bergerak sepanjang hari. 

Hal itu pun dirasakan oleh #TemanDekatMissy:

Kak @mo.on_maapsayasiyapa sumpah ini emang enggak endorse tapi aku pakai Missy buat naik gunung, secara malas banget ganti kalau lagi naik soalnya  enggak ada tempat juga, apalagi posisi belum sampai tempat camp. Missy kalau dipakai dari pagi sampai sore enggak bocor sama sekali, padahal aku kalau mens 3 hari pertama pasti keluarnya banyak. Missy ini membantu banget asli, sampai aku merekomendasikan ke teman, dia juga nyaman pakai Missy apalagi pas lagi naik gunung bagus deh pokoknya mah.” 

Kak @yizkabeyonce, “Aku enggak takut aktif olahraga lagi karena pakai pembalut Missy yang kalau dipakai itu terasa adem dan tak bocor.”

Kak @mayangnirwana, “Jadi beberapa hari yang lalu, aku ada kegiatan pramuka eh bertepatan pas lagi deras-derasnya haid. Aku sudah pakai dobel pembalut tapi tetap aja tembus, bahkan tidak sampai setengah hari hari ganti 4 kali sehingga aku absen dari kegiatan pramuka. Tapi saat itu dikasih pembalut Missy sama kakak senior aku yang sudah merasakan  enggak tembus pakai missy. Ya udah aku pakai, eh ternyata benar dong tidak tembus, tidak lembap dan baunya enak banget kayak parfum gitu. Untung pakai Missy jadi selama 2 hari kegiatan pramuka bisa aktif kembali.” 

 

Wah ternyata menstruasi itu boleh, aktivitas tetap jalan aktif donks bestie. Yang terpenting selalu sedia pembalut yang bikin kamu terhindar dari bocor dan bisa membantu meredakan gejala menstruasi, Temukan disini.

Gimana nih, diantara ke-6 Miss diatas, kamu termasuk sifat wanita saat haid mana?. Kalau mimin hampir semua pernah merasakannya, namun sekarang berada di fase Miss Aktif yang bisa
#BergerakBebasSepanjangHari karena selalu sedia pembalut #TipisAdemAntiBocor.