Saat hangout bareng bestie terjadi percakapan yang bikin bingung sendiri. Padahal kita lagi membahas mengenai jumlah darah menstruasi.

Pasalnya diantara kita bertiga ternyata volume darah menstruasi berbeda-beda. “Aku kok keluar darah menstruasi banyak banget sampai tembus-tembus walau pakai pembalut dobel”. “Aku kok cuma keluar darah haid sedikit banget/kadang cuma flek aja”. “Nah kalau aku volume darah menstruasi biasa aja enggak banyak, ya enggak sedikit.”

Kalau kamu masuk tim mana nih dari jumlah darah menstruasi? Sebenarnya bagaimana sih volume darah haid yang normal itu?. Terus apakah darah menstruasi keluar sedikit dan banyak itu berbahaya?.

Daripada pusing sendiri, mending langsung aja cari pengetahuan yang benar di pembahasan berikut ini ya sis, simak sampai akhir!.

 

Bagaimana Jumlah Darah Menstruasi yang Normal dan Tidak?

Darah

Infografis di IG @missy.id tentang arti dibalik jumlah darah menstruasi

 

Sudah tahu belum kamu #TemanDekatMissy tentang darah menstruasi?. Dilansir dari healthine.com kalau darah haid tidak hanya mengandung 36% darah saja melainkan juga mengandung 64% zat lain yaitu campuran lendir, lapisan dinding rahim, gumpalan darah, jaringan tisu. Tak heran jika volume darah menstruasi terlihat banyak.

Namun setiap perempuan jumlah darah menstruasi berbeda-beda tergantung kondisi kesehatan masing-masing. Ada 3 jenis volume darah menstruasi yang dapat dialami oleh perempuan, seperti berikut ini:

 

             1. Volume darah haid yang normal

Dilansir dari healthline.com bahwa perempuan dalam setiap datang bulan akan kehilangan volume darah menstruasi yang berkisar rata-rata 30-60 mililiter atau setara dengan 2-4 sendok makan.

Kamu bisa memperkirakan volume darah haid yang normal  dengan menggunakan pembalut. Dilansir dari helloclue.com kalau dalam setiap pembalut  memiliki daya serap rata-rata antara 5-15 milliliter.

Jadi masih dikatakan volume darah haid yang normal ketika kamu mengganti pembalut setiap empat jam sekali atau kamu membutuhkan empat/enam  setiap harinya.

Selain itu perdarahan menstruasi dikatakan normal ketika siklus menstruasi berlangsung selama 1-7 hari. Disertai gejala yang sewajarnya seperti nyeri punggung, perut tanpa mengganggu aktivitas kamu. 

 

2. Volume darah haid banyak

Volume darah haid banyak ditandai dengan keluar darah yang berkisar lebih dari 80 mililiter atau setara dengan lebih banyak enam sendok makan.

Kamu bisa mengecek melalui pembalut yang kamu gunakan. Jika setiap 1-2 jam sekali kamu harus mengganti pembalut atau setidaknya dalam sehari menghabiskan lebih dari empat/enam pembalut, pertanda kamu telah mengalami perdarahan menstruasi berat atau dalam dunia kesehatan dikenal sebagai menoragia.

Menoragia dengan volume darah haid banyak dapat menimbulkan beberapa gejala yang meliputi:

  • Mengalami perdarahan menstruasi  lebih dari seminggu
  • Terpaksa terbangun pada malam hari hanya untuk mengganti pembalut
  • Muncul gumpalan berukuran koin
  • Merasakan nyeri di area perut bawah
  • Aktivitas akan terganggu karena  volume darah haid banyak sehingga dapat membatasi pergerakan dan tentunya harus repot setiap jam ganti pembalut

 

          3. Volume darah haid sedikit

Dikatakan volume darah haid sedikit apabila darah menstruasi yang keluar berkisar antara kurang dari 20 mililiter atau setara dengan 1 sendok makan bisa penuh atau setengahnya.

Hal mudah untuk mengecek volume darah haid sedikit apakah normal jika kamu hanya membutuhkan satu pembalut saja dalam sehari. Itupun kemungkinan tidak penuh atau hanya  berisi flek darah menstruasi.

Kondisi volume darah haid sedikit dalam medis disebut sebagai hipomenorea. Yang gejalanya tidak hanya muncul darah sedikit melainkan ada beberapa yang menyertainya:

  • Fase menstruasi muncul lebih cepat
  • Saat datang bulan di hari pertama dan kedua akan keluar volume darah haid sedikit dibandingkan saat datang bulan biasanya
  • Muncul perdarahan menstruasi  berbentuk bercak atau flek
  • Tidak memerlukan banyak pembalut untuk digunakan

 

Apa Penyebab Volume Darah Haid Banyak?

Darah mens

Ilustrasi pembalut yang berisi banyak darah haid

 

Pasti dalam pikiran kamu bertanya-tanya kenapa volume darah menstruasi  lebih deras dan sampai seringkali mengganti pembalut. Ternyata penyebab volume darah haid banyak dipengaruhi oleh gangguan dalam organ reproduksi seperti:

  1. Endometriosis: Munculnya jaringan di luar rahim bisa menimbulkan perdarahan menstruasi diluar jadwal haid, nyeri panggul/perut hebat dan nyeri ketika berhubungan intim.
  2. Sindrom ovarium polikistik (PCOS): Kondisi terjadinya ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan tidak matangnya sel telur yang mendorong munculnya kantung cairan yang menumpuk pada indung telur. Hal itu membuat terhambatnya kesuburan, volume darah haid banyak yang bisa mengakibatkan anemia dan menstruasi tidak teratur.
  3. Kanker serviks: Dilansir antaranews.com bahwa penderita kanker serviks merasakan gejala terbanyak sekitar 70% merasakan   perdarahan menstruasi hebat/volume darah haid banyak yang berlangsung lama dan bisa terjadi diluar jadwal menstruasi.

 

Penyebab Volume Darah Haid Sedikit

Darah haid sedikit

Ilustrasi pembalut muncul darah haid sedikit

 

Bagi kamu yang juga merasa resah kenapa volume darah haid sedikit. Ternyata penyebab volume darah haid sedikit tidak berhubungan dengan gangguan reproduksi melainkan lebih kepada proses alami perempuan dan lifestyle yang buruk, seperti di bawah ini:

  1. Mengalami proses menyusui: Bagi ibu yang sedang menyusui dalam tubuhnya memproduksi hormon sintesis laktosa dan prolaktin alfa-laktalbumin yang membuat ovulasi terganggu sehingga keluar volume darah haid sedikit bahkan berhenti haid beberapa bulan selama memberikan ASI eksklusif.
  2. Penggunaan alat kontrasepsi: Pemakaian pil KB, IUD, Implan membuat kandungan estrogen rendah yang membuat  endometrium berkurang  sehingga meluruhkan  volume darah haid sedikit.
  3. Mudah stres: Saat stres tubuh sedang memproduksi hormon kortisol yang dapat menurunkan jumlah hormon estrogen sehingga menyebabkan volume darah haid sedikit bahkan tidak menstruasi.

 

Kapan Harus Berkonsultasi Dengan Dokter? 

Konsultasi

Ilustrasi konsultasi kesehatan kewanitaan bersama dokter

 

Jika kamu mengalami beberapa keluhan di bawah ini, jangan ragu-ragu untuk memeriksakan diri ke dokter supaya mudah di antisipasi sejak dini:

  • Nyeri perut dan dada parah
  • Keluar gumpalan darah 
  • Pusing bahkan sampai pingsan 
  • Tidak mengalami  menstruasi sampai lebih tiga kali
  • Mengalami haid tidak teratur

 

Bagaimana Mengatasi Volume Darah Haid yang Bisa Berubah-Ubah?

 

Solusi mens

Ukuran pembalut Missy bisa menyesuaikan dengan jumlah darah haid

 

Teruntuk kamu #TemanDekatMissy yang sedang bingung menghadapi perubahan volume darah menstruasi, tak perlu cemas karena kamu bisa mulai kebiasaan baik untuk membuat volume darah haid yang normal yang dilansir dari healthline.com, seperti antara lain:

 

  • Mengkonsumsi ibuprofen

Kandungan obat ibuprofen seperti advil dan motrin dapat membantu meredakan volume darah haid banyak  sekaligus bisa mengurangi nyeri perut hebat.

  • Rutin  minum air

Di saat kamu sedang dalam kondisi volume darah haid banyak  atau sedikit akan membuat tubuhmu tetap kehilangan cairan/dehidrasi. Jika tubuh kamu dehidrasi bisa membuat kamu mual dan pusing. Solusi terbaik adalah saat menstruasi rutin untuk minum air agar tubuh selalu terhidrasi dengan baik.

  • Makanan tinggi zat besi

Selama kamu menstruasi apalagi saat mengalami volume darah haid banyak pasti tubuh akan banyak kehilangan zat besi sehingga akan membuat kamu semakin lelah, letih, lesu bahkan memperparah mood kamu lho.

Agar tercegah dari hal buruk itu maka kamu bisa mengkonsumsi makanan  yang kaya akan zat besi seperti: telur, daging, ikan, tahu, biji-bijian.

  • Menyediakan pembalut kesehatan

Salah satu penyebab terjadinya volume darah haid banyak, dikarenakan penyakit tertentu seperti endometriosis maka itu penting bagi kamu memilih pembalut kesehatan seperti Pembalut Kesehatan Missy yang terbukti membantu mengatasi endometriosis karena mengandung anion antioksidan dan herbal pilihan yang mampu meminimalisir radikal bebas penyebab penyakit kewanitaan berbahaya.

Selain itu pembalut Missy memiliki varian yang dapat disesuaikan  dengan jumlah darah menstruasi yang keluar. Pembalut Missy Day yang cocok untuk kamu yang mengalami volume darah haid yang normal. Pembalut Missy Super Night cocok untuk kamu yang menghadapi volume darah haid banyak  karena memiliki kemampuan menyerap sampai 150 mililiter cairan. Dan Pembalut Missy Mini cocok untuk kamu yang enggak mau ribet pakai pembalut ketika volume darah haid sedikit karena ukurannya super tipis serasa tak pakai pembalut.

Gimana nih #TemanDekatMissy, pasti sudah tahu kan seputar volume darah menstruasi. Yang terpenting selalu jaga kebersihan menstruasi dan pakailah pembalut yang bisa menampung volume darah haid  sesuai kebutuhanmu ya sis!. Salam sehat untuk kita semua.