Menghadapi hari-hari menstruasi memang berat ya sis. Selain menahan rasa sakit fisik juga harus menghadapi mood yang kadang marah, sedih, galau. Rasanya butuh penyemangat deh. Kamu bisa menemukan penyemangat melalui kata mutiara.

Nah kali ini Missy mau berbagi  kata mutiara yang spesifik tentang quote menstruasi yang bakalan membuat kamu lebih mensyukuri nikmat menstruasi yang dianugerahi Tuhan sehingga dalam menjalani hari menstruasi menjadi lebih tenang dan happy pastinya. 

  • “Haid Anda bukanlah musuh Anda. Sebaliknya, itu adalah barometer kesehatan Anda secara keseluruhan.” (Kristen Karchmer) 

 

Setuju banget sama quotes menstruasi satu ini. Harusnya  kita sebagai perempuan banyak bersyukur kalau setiap bulannya menstruasi. Bayangkan kalau enggak bisa menstruasi seumur hidup, bisa diprediksi seumur hidupnya akan susah mengalami kehamilan. 

 

  • “Gadis-gadis cerdas itu berani dan percaya diri. Mereka tidak malu atau takut dengan menstruasi atau tubuh mereka.”(Demi Spaccavento) 

 

Membaca kata mutiara satu ini  rasanya seperti mendapat pujian sebagai cewek pemberani dan percaya diri karena tidak malu menghadapi menstruasi. Haid merupakan fitrah sebagai wanita yang harusnya membuat bangga bukan malah takut. 

 

  • “Wanita mengeluh tentang sindrom pra menstruasi, tetapi saya menganggapnya sebagai satu-satunya waktu dalam sebulan saya bisa menjadi diri saya sendiri.” (Roseanne Barr) 

 

Quotes datang bulan ini membuat kita merenungi bahwa fisik yang mudah lelah dan perasaan yang naik turun saat menstruasi adalah sinyal yang membuat perempuan lebih  peka terhadap tubuhnya sendiri.

Jadi ketika haid terasa sakit atau lelah, memilih untuk beristirahat dengan cukup. Ketika haid merasa mood swings, memilih me time adalah jalan terbaik. Tanpa kita sadari menstruasi bisa melatih kita untuk self love/self care. 

 

  • “Saya mengerti bahwa menstruasi mengindikasikan Anda adalah wanita sejati, berhenti jika Anda menjadi lemah karena sakit.” (Aya Kito) 

 

Lagi-lagi dari quote haid satu ini diingatkan kembali bahwa buat apa malu saat menstruasi, padahal  semua cewek mengalaminya. Dan ingatkan juga, kalau saat haid merasa sakit, tidak apa-apa kok berhenti sejenak untuk meredakan sakit. 

 

  • “Tidak ada orang lain yang melihatnya, tidak ada orang lain yang mau, hanya dia yang bisa melihat, keindahan dalam darahnya.”(Nikki Tajiri) 

 

Wah quotes datang bulan satu ini menyentuh juga. Bagaimana tidak, darah haid banyak yang menganggap kotor menjijikkan, namun menurut Nikki dalam darah haid menyimpan keindahan. Yang perlu kamu tahu darah haid itu bukan darah penyakit ya karena mengandung sedikit sel darah, lendir dan jaringan rahim tanpa ada sel penyakit yang menyertainya. 

 

  • “Anda tidak boleh membuat keputusan sehari sebelum menstruasi.”(Miranda J. Barrett) 

 

Quote PMS ini ada baiknya lho. Sebelum menstruasi ada masa PMS yang seringkali terjadi emosi yang enggak stabil yang membuat cewek kurang bisa melihat masalah secara mendalam. 

Sedangkan dalam pembuatan keputusan dibutuhkan pikiran jernih dan emosi yang tenang sehingga bisa melihat permasalahan secara menyeluruh untuk membuat keputusan yang tepat. Lebih baik menunda dalam mengambil keputusan saat PMS deh!. 

 

  • “Sementara wanita menumpahkan darah kehidupan setiap bulan saat menstruasi, pria bisa menumpahkan darah kematian melalui peperangan dan pembunuhan.” (Katha Pollitt) 

 

Ketika membaca quotes datang bulan rasanya terharu deh. Kalau direnungkan kembali, setiap bulan cewek menumpahkan darah menstruasi selama berpuluh puluh tahun sebagai latihan untuk persiapan kehamilan yang pastinya berdarah-darah namun mampu melahirkan generasi masa depan. Penumpahan darah oleh cewek itu sungguh mulia ya sis #TemanDekatMissy!. 

 

  • “Menstruasi bukanlah masalah, kebersihan menstruasi yang buruk adalah masalahnya.”(Anurag Chauhan)

 

Sepakat sama quote menstruasi dari Anurag ini. Harusnya yang cewek perlu takuti bukan proses menstruasi yang terjadi secara alami melainkan tidak menjaga kebersihan menstruasi seperti mager ganti pembalut setiap 4-6 jam sekali dan memakai pembalut yang tidak berkualitas. 

So jangan menunggu terkena infeksi baru aware terhadap kebersihan menstruasi. Kamu bisa memulainya sedini mungkin dengan aksi sederhana seperti menggunakan pembalut kesehatan yang #TipisAdemAntiBocor

 

  • “Pada manusia, penumpahan darah selalu dikaitkan dengan cedera, penyakit atau kematian. Hanya separuh perempuan dari umat manusia yang terlihat memiliki kemampuan magis untuk mengeluarkan banyak darah dan masih membangkitkan phoenix (burung mitologi yang melambangkan keberuntungan)  seperti setiap bulan dari gore.” (Estelle R. Ramey) 

 

Quote haid dari Estelle menguatkan kembali bahwa penumpahan darah manusia yang paling mulia ada penumpahan darah perempuan haid. Walau sedang berdarah-darah setiap bulan, perempuan mampu aktif bergerak bagaikan burung dengan menggunakan pembalut yang membuatnya #BebasBergerakSepanjangHari . Rasanya semakin bangga menjadi perempuan. 

 

  • “Masyarakat telah menempatkan tabu seputar menstruasi dan kesehatan menstruasi seolah-olah kita harus malu dengan proses alami dan ajaib yang pada akhirnya membuat spesies manusia tetap hidup.” Tracy Laockwood 

 

Quote menstruasi yang menyindir secara halus nih. Menstruasi yang dianggap tabu bahkan aib di beberapa negara, ternyata fase menstruasi merupakan cikal bakal perempuan bisa hamil dan tahan banting ketika melahirkan. Kalau enggak ada menstruasi, jangan berharap anak manusia terlahir termasuk kamu hehe

 

Dari 10 quote menstruasi sungguh ketika membacanya membuat semakin mensyukuri betapa beruntungnya kita sebagai perempuan mengalami pendarahan setiap bulannya. Pendarahan yang membuat mental kita kuat karena mampu beradaptasi dengan rasa sakit bahkan penderitaan. Dan penumpahan darah haid itu lah cikal bakal akan terlahir generasi hebat di masa depan. Sungguh mulia darah haid itu sis. Jadi semakin bangga menjadi perempuan. 

Peluk jauh untuk kamu yang sedang berjuang menghadapi hari-hari menstruasi sis #TemanDekatMissy.