Pernahkah sis kamu merasa insecure saat menstruasi hadir?. 

Terkadang hampir semua perempuan pernah merasakan insecure saat haid. Lantaran masih menyimpan mindset kalau menstruasi itu adalah hal yang tidak mengenakkan sekaligus memalukan kalau tiba-tiba bocor. Bahkan ada beberapa celetukan seperti, “Enak ya jadi cowok enggak perlu ribet dan menahan sakit setiap bulannya seperti yang dialami cewek”. 

Bagi kamu yang masih merasakan perasaan diatas. Coba sejenak membuka pikiran dan hati dengan menyimak quote menstruasi dari tokoh inspiratif di Indonesia  yang dapat membuat kamu semakin mensyukuri nikmat menstruasi dan semakin bangga menjadi perempuan. 

 

  1. Quote

    Foto: Instagram/auroramanda95

     

    “Kita diberikan oleh Tuhan tubuh yang kita punya kesempatan mengalami menstruasi, dimana itu juga akan mempersiapkan kita nantinya kalau ketika mau punya anak pada waktunya. Mungkin awalnya mengerikan tapi jangan takut karena itu suatu proses yang sangat normal, sangat biasa, seharusnya itu bukan sesuatu yang ditutup-tutupi karena semua perempuan akan mengalaminya.” (Rachel Amanda, Aktris)

Quotes menstruasi diatas cocok banget teruntuk kamu yang sedang menjalani pengalaman pertama menstruasi atau bagi kamu yang memiliki adik/sahabat yang berusia remaja. 

Diingatkan kembali oleh kak Amanda kalau menstruasi adalah pengalaman semua perempuan di seluruh dunia. Artinya kamu tidak sendiri, banyak perempuan yang harus menahan nyeri haid, belum lagi bocor terus tapi mereka masih bisa bertahan/berjuang setiap bulannya.

Kamu bisa berbagi cerita menstruasi ke sesama cewek, yang akan membantu dengan senang hati karena merasa senasib sepenanggungan. 

 

        2.

Quote

Foto: Instagram/@najwashihab

 

“Mens itu hormonal, jadi wajar mempengaruhi fisiologi perempuan. Kamu tahu nggak kalau cowok, hormon testoteronnya nggak stabil, itu penelitian bilang mereka (cowok)  bisa narsis.”(Najwa Shihab, Presenter)

Quote PMS dari kak Najwa ini merupakan cuplikan video talk show Najwa Shihab bersama Gang Rapot. Ditengah obrolan itu ada pertanyaan yang diajukan  ke kak Najwa, “Kenapa kalau mens marah-marah mulu.”. Untuk menjawab pertanyaan itu kak Najwa memberikan jawaban  bijak yang mengandung edukasi seperti quote diatas. 

Perlu kamu sadari nih sis, kalau marah-marah saat PMS disebabkan karena pengaruh ketidakstabilan hormonal yang enggak bisa kita hindari. Di sisi lain bisa kamu kendalikan, misalnya dengan menghindari sementara waktu hal yang mengundang amarahmu dan kamu bisa mencari hal yang bisa membuatmu tenang. 

Menurutmu sis, kalau hormon tak stabil mending marah-marah mulu atau narsis selalu? Ops, bercanda sis wkwkwk

        3.

Quote

Foto Rocky Gerung health.grid.id

 

“Kalau lu (cowok) bisa menstruasi, hari ketiga lu pingsan. Jadi laki-laki nggak lebih kuat dari perempuan. Kalau lu (cowok) bisa melahirkan, bukaan keempat lu  (cowok) bisa meninggal…perempuan jauh lebih kuat daripada laki-laki.” (Rocky Gerung, Akademisi) 

Ada rasa haru ketika membaca quote menstruasi diatas yang ternyata disampaikan oleh cowok. Cowok aja bisa mengapresiasi kehebatan perempuan dalam melewati fase menstruasi, kita sebagai cewek malah merasa insecure dengan proses haid?. 

Quote menstruasi dari Rocky Gerung ini merupakan cuplikan dari talk show Mata Najwa berjudul “Susahnya Jadi Perempuan”. Pembahasan yang sangat menarik karena isu perempuan yang biasanya dibahas oleh sesama perempuan, tapi di  talkshow itu dibahas bersama para pria, seru ya, kamu  bisa menonton disini sis !. 

 

          4.

Quote

Foto Elizabeth Zenifer/instagram @missy.id

 

“Aku melihat menstruasi adalah sebuah privilege…dan merupakan bagian dari wanita sesungguhnya.” (Elizabeth Zenifer, Womenpreneur)

Quote menstruasi ini mengajak kita sebagai perempuan untuk merenungkan kalau seseorang sudah mendapat privilege itu artinya betapa istimewanya orang itu. 

Nah perempuan di mata Tuhan adalah makhluk yang istimewa makanya dikasih privilege berupa menstruasi yang enggak akan pernah bisa dirasakan oleh cowok.

Quotes menstruasi di atas didapat dari pembahasan live IG untuk memperingati hari kebersihan menstruasi 2023 yang diadakan oleh Missy bersama moms Elizabeth Zenifer. 

 

  5.

Quote

Foto: Instagram/@hannahalrashid

 

“Tidak perlu lagi umpetin pembalut, ditenteng saja. Enggak apa-apa kok, orang harus terbiasa melihat itu. Toh kita memperlihatkan pads yang bersih, bukan berdarah.” (Hannah Al-Rashid, Aktris) 

Quotes datang bulan benar-benar menggelitik pikiran yang masih malu membawa pembalut saat menstruasi. 

Kalau dipikir-pikir kenapa harus malu membawa pembalut, toh pembalut bukan digunakan untuk kejahatan melainkan untuk mengatasi menstruasi. Dan yang kita bawa itu pembalut yang bersih. 

Tapi kalau masih merasa minder bawa pembalut. Kamu bisa memilih  packaging pembalut Missy  yang berwarna warni dilengkapi dengan aluminium foil antibacterial seal yang membuat  banyak orang terkecoh/tidak sadar jika itu kemasan pembalut. 

 

Wah 5 quote menstruasi dari tokoh inspiratif Indonesia dari perempuan atau pria membuat semakin mensyukuri betapa berharga menstruasi untuk kehidupan perempuan. Peluk jauh untuk semua perempuan yang berjuang setiap bulannya.